Profil SMP BUANA

SMP BUANA Waru adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang berdiri pada tahun 1998. Sejak awal berdirinya hingga sekarang, respon dan dukungan masyarakat sangat baik. Kepercayaan ini dilandasi sistem pembelajarannya yang mengutamakan keseimbangan kurikulum antara mata pelajaran umum dengan mata pelajaran agama, di samping fasilitas dan ekskulnya yang oke.

SMP BUANA Waru merupakan pengembangan dari MINU Wedoro yang keberadaannya sama-sama di bawah naungan Yayasan Bahrul Ulum An-Nahdhiyyin (BUANA). sebelum pendiriannya, karena alasan output (jumlah lulusan) dari MINU Wedoro yang begitu tinggi, jajaran pengurus dan beberapa tokoh masyarakat pada waktu itu bergerak untuk mendirikan jenjang pendidikan lanjutan. Maka pada tahun 1998 kemudian didirikanlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) BUANA, yang pada waktu itu masih bernama Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) BUANA, hingga sekarang menjadi SMP BUANA Waru. Keberadaan SMP BUANA hingga kini menjadi favorit bagi lulusan SD/MI di Kecamatan Waru dan sekitarnya, termasuk dari kecamatan lain (Gedangan, Sedati, dll).

Saat ini, SMP BUANA Waru sudah terakreditasi A berdasarkan keputusan ketua BAP S/M Propinsi Jawa Timur nomor 058/BAP-SM/TU/XI/2008. Dan yang paling membanggakan diusianya yang genap 10 tahun SMP BUANA Waru juga masuk kategori Rintisan Sekolah Standar Nasional (RSNN). Prestasi ini tidak membuat warga sekolah menjadi cepat puas, akan tetapi justru menuntut kinerja semakin optimal semi terwujudnya masuk kategori SSN (Sekolah Standar Nasional).

Selain itu, SMP BUANA Waru memiliki fasilitas yang sangat lengkap, mulai fasilitas pembelajaran gedung berlantai 3 yang ideal, semua kelas dilengkapi LCD Proyektor dan Kamera CCTV, ruang Laboratorium (IPA, Bahasa, dan Lab Komputer ber-AC beserta fasilitas internet dan wi-fi), juga ribuan buku yang tersimpan di ruang perpustakaan yang siap dimanfaatkan oleh seluruh siswa-siswi SMP BUANA Waru. Sedangkan untuk memenuhi ibadah, juga terdapat Musholla. Kemudian sarana komunikasi antara pihak sekolah dengan orang tua murid disediakan layanan SMS Center guna memudahkan komunikasi. Fasilitas lain yang tak kalah pentingnya adalah sarana olahraga dan kesenian, ruang kesenian, drumband, juga studio musik (band). Dan yang paling penting disediakan juga beasiswa bagi siswa berprestasi. Dengan demikian SMP BUANA Waru dengan segala fasilitas yang begitu lengkap bisa disebut sebagai sekolah murah dengan fasilitas mewah.

Di samping itu, SMP BUANA Waru mempunyai beragam kegiatan ekstrakurikuler baik di bidang keagamaan: Jam’iyatul Qurro’ dan mukhadhoroh atau khithobah, bidang seperti akademik: Tim Olimpiade; KIR; dan English Club, bidang kesenian: Band; Drumband; dan Al-Banjariy; serta bidang olahraga: Futsal; Pencak Silat/Pagar Nusa; Pramuka; dan PMR.

Semoga SMP BUANA Waru kedepannya bisa selalu lebih baik, dan juga mampu mewujudkan visi dan misi sekolah yaitu mewujudkan insan terdidik, berkualitas berdasarkan iman dan taqwa. (By Wardiana/8C).

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *