MENELADANI ROSULULLOH SAW. MEMBENTUK KARAKTER UNGGUL

Gema sholawat berkumandang dengan syahdu di SMP BUANA tadi pagi (31/10/2020), mengawali puncak kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Peringatan maulid Nabi tahun ini tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya. Pandemi Covid 19 membuat semuanya menjadi berbeda, tapi tidak menyurutkan semangat juang siswa-siswi SMP BUANA untuk tetap mengadakan kegiatan peringatan Maulid Nabi tahun 1442 H ini.

Meskipun tidak bisa berkumpul dengan seluruh siswa yang berjumlah lebih dari 700 siswa seperti peringatan-peringatan sebelumnya, sebagian kecil siswa mengikuti kegiatan di sekolah dengan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan, dan sebagian besar mengikuti kegiatan tersebut melalui Siaran Live Streaming dari chanel Youtube SMP BUANA.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad  SAW dengan mengusung tema “Meneladani Akhlaq Rasulullah Nabi Muhammad SAW Sebagai Bekal Membangun Pribadi Yang Unggul” diharapkan dapat menjadi bagian penanaman dan penguatan akhlaq atau karakter bagi seluruh warga sekolah. Kegiatan ini merupakan kegiatan puncak dari serangkaian kegiatan Peringatan Hari Santri Nasional, Sumpah Pemuda dan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan ini dimeriahkan dengan pembacaan sholawat oleh Group Al-Banjary SMP BUANA yang merupakan salah satu ekstrakurikuler yang paling sering menorehkan prestasi di berbagai ajang festival antar sekolah, baik tingkat kabupaten maupun propinsi. Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan pemberian penghargaan kepada para siswa berprestasi dalam lomba-lomba yang diadakan dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional, Sumpah Pemuda dan Maulid Nabi Muhammad. Lomba-lomba tersebut antara lain Olimpiade ASWAJA, Pembacaan Sholawat dan Penulisan Cerpen. Semua lomba diadakan secara daring atau online sehingga dapat diikuti seluruh siswa dari rumah masing-masing.

Kegiatan yang dihadiri beberapa guru, karyawan, perwakilan siswa dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, juga menghadirkan penceramah agama Al-Ustadz HM. Zaini, S.Ag.

Didalam Ceramahnya Al-Ustadz HM. Zaini, S.Ag. menyampaikan pokok-pokok materi antara lain; pertama, seorang siswa agar percaya diri, karena banyak sekali santri-santri yang sukses dalam segala aspek kehidupan. Kedua, seorang siswa harus terus menumbuhkan rasa cinta kepada Rasulullah  SAW. Karena sorang Abu Lahab yang kafir saja, setiap hari senin mendapat keringanan siksa neraka karena gembira atas kelahiran Nabi Muhammad SAW. Apalagi kalau kita sebagai mukmin yang cinta kepada Rasulullah SAW. Ketiga, perwujudan dari rasa cinta kepada Rasulullah adalah meneladani setiap kebiasaan rasulullah dimulai dari yang sederhana misal adab tentang makan dan minum tidak boleh sambil berdiri. Harapan terbesar kita semua dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, semoga kelak kita semua mendapat syafaat dari Rasulullah SAW.. Aamiiin…

Penulis: Siti Lailatus Syarifah, Editor: HM. Khoirul Huda

35 thoughts on “MENELADANI ROSULULLOH SAW. MEMBENTUK KARAKTER UNGGUL”

  1. Briliani auranova richlatussita

    Kegiatan yg sangat baik… Mewakili smua siswa siswi smp Buana.. Krna pandemi ini aktivitas yg biasa kita lakukan di skolah skrng tidak smuanya bisa mlakukan nya (perwakilan)

  2. Gema sholawat berkumandang dengan syahdu di SMP BUANA tadi pagi (31/10/2020), mengawali puncak kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Peringatan maulid Nabi tahun ini tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya
    Dalam ceramahnya ustadz H.M Zaini menyampaikan bahwa siswa harus percaya diri, kedua siswa harus menumbuhkan rasa cintanya kepada Rasulullah Saw
    Ke tiga jika siswa sudah mencintai Rasulullah maka mereka akan meneladani sifat” dan kebiasaan nya
    “Semoga kelak kita mendapatkan syafaat nabi Muhammad “amin amin ya rabbal Al Amin

  3. Eryko Dwi Cahyo

    Di tengah pandemi covid-19 ini kita harus tetap mempunyai semangat yang tinggi dan kita harus semangat pada saat memperingati maulid nabi Muhammad Saw hari itu adalah hari yang sangat berharga bagi seluruh umat Islam di dunia di hari itu kita memperbanyak amalan shaleh, salah satunya bersalawat kepada nabi Muhammad Saw

  4. Ceramahnya bagus, dan dapat disimpulkan dalam ceramah tersebut kita sebagai umat islam harus meneladani setiap kebiasaan Rasulullah saw. seperti adab.

  5. Adam sabillah nurfaiz prastama

    Alhamdulillah acara maulid nabi lancar meskipun dalam keadaan pandemi ini yang harus mengikuti protokol protokol kesehatan,semoga kedepannya tidak ada pandemi agar dapat berkumpul kembali pada saat maulid nabi

  6. Irfan zulkarnaen

    peringatan maulid nabi mendorong kita semua untuk senantiasa menghadirkan dan memperbanyak sholawat pada Baginda Rasulullah, sesuai dengan surat Al-Ahzab ayat 56,” Maulid Nabi artinya merayakan dengan berbahagia dan bergembira pada sosok yang sempurna Rasulullah SAW,” Hikmah maulid nabi juga dapat menjadi momentum untuk meneguhkan kembali rasa cinta pada Nabi Muhammad SAW dengan mengikuti ajarannya. Mencintai Nabi Muhammad juga berarti mencintai Allah SWT.

  7. Muhamad Rafly Abhipraya ramadhani

    peringatan maulid nabi mendorong kita semua untuk senantiasa menghadirkan dan memperbanyak sholawat pada Baginda Rasulullah, sesuai dengan surat Al-Ahzab ayat 56,” Maulid Nabi artinya merayakan dengan berbahagia dan bergembira pada sosok yang sempurna Rasulullah SAW,” Hikmah maulid nabi juga dapat menjadi momentum untuk meneguhkan kembali rasa cinta pada Nabi Muhammad SAW dengan mengikuti ajarannya. Mencintai Nabi Muhammad juga berarti mencintai Allah SWT.

  8. peringatan maulid nabi mendorong kita semua untuk senantiasa menghadirkan dan memperbanyak sholawat pada Baginda Rasulullah, sesuai dengan surat Al-Ahzab ayat 56,” Maulid Nabi artinya merayakan dengan berbahagia dan bergembira pada sosok yang sempurna Rasulullah SAW,” Hikmah maulid nabi juga dapat menjadi momentum untuk meneguhkan kembali rasa cinta pada Nabi Muhammad SAW dengan mengikuti ajarannya. Mencintai Nabi Muhammad juga berarti mencintai Allah SWT.

  9. Adam Sabillah Nurfaiz Prastama

    Alhamdulillah acara Maulid Nabi lancar meskipun dalam keadaan pandemi ini yang harus mengikuti protokol protokol kesehatan,semoga kedepannya tidak ada pandemi agar dapat berkumpul kembali pada acara Maulid Nabi.

  10. MOCH. RINOVA SAKTIA

    Kita sebagai umat muslim memang diharuskan untuk memperingati hari maulid nabi Muhammad SAW. Sebagai rasa cinta kita kepada Rasulullah SAW.

  11. AQILA FARRAS ASSYARIFAH

    “Saya setuju dengan adanya perayaan Maulid Nabi
    Muhammad SAW. Dengan adanya perayaan Maulid Nabi, kita akan selalu ingat beliau serta Allah sebagai ungkapan rasa cinta kita dan mengingatkan kita untuk memanjatkan shalawat, agar kita mendapatkan syafaat nya.

  12. AQILA FARRAS ASSYARIFAH

    “Saya setuju dengan adanya perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Dengan adanya perayaan Maulid Nabi, kita akan selalu ingat beliau serta Allah sebagai ungkapan rasa cinta kita dan mengingatkan kita untuk memanjatkan shalawat, agar kita mendapatkan syafaat nya.

  13. NAILA TRI RAHMADANTI

    Saya sangat setuju dengan adanya kegiatan Maulid Nabi ini
    Adanya kegiatan Maulid Nabi ini merupakan ungkapan rasa cinta kita kepada Nabi Muhammad SAW dan mengingat kan kita agar selalu bershalawat

  14. Nazwa nayla zainuri

    l tiap tahun kita memperigati hari kelahiranya rosululloh SAW/maulid nabi agar kita tau tentang sejarahnya kelahiran nabi muhammad

  15. MUHAMMAD NAUFAL ARYA WARDHANA

    Saya sangat kagum banget dengan semangat nya siswa – siswi SMP BUANA

    **SMP BUANA THE BEST **

  16. Bagus ,smp buana bisa mengadakan maulid NABI MUHAMMAD SAW ,WALAUPUN di masa pandemi covid 19 ini ,semoga covid segera berakhir

  17. Mari berdoa bersama sama agar pandemi covid-19 segera berakhir dan kita bisa merayakan maulid nabi saw.
    Seperti tahun sebelumnnya^^

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *